MEMBUAT KANDANG ITIK YANG BAIK

MEMBUAT KANDANG ITIK YANG BAIK


Kandang bebek adalah salah satu tempat yang digunakan sebagai rumah bebek. Kadang juga berpengaruh kepada si bebek. Dalam membuat kandang bebek yang baik agar menghasilakn bebek yang baik pula. Berikut ini adalah ualasan mengenai pembuatan kandang bebek. Ada tiga jenis bebek, yaitu:

kandang untuk anak bebek (DOD). Lalu kandang untuk bebek Dara. Kandang untuk bebek masa bertelur.

Perlu diperhatikan beberapa hal untuk melakukan pembuatan kandang bebek, yaitu :
Kandang bebek tidak harus seperti pada gambar yang saya sediakan diatas, kandang bebek meski disesuaikan dengan luas tanah dan menyesuaikain dengan bangunan yang telah ada, namun yang paling penting yang harusnya diperhatikan adalah beberapa hal sebagai berikut : 
kandang yang relatif nyaman untuk bebek juga diperlukan yaitu lantai permukaan pada kandang harus rata dan kering, dinding kandang juga harus bisa melindungi bebek dari hewan lain yang ditakuti seperti anjing dan juga dinding kandang harus bisa memperlancar sirkulasi udara, serta atap kandang harus bisa melindungi bebek dari panas matahari dan hujan dan juga tinggi kandang harus nyaman untuk bebek dan memudahkan kita juga yang merawat bebek.

Suhu didalam kandang bebek tidak panas, sekitar 27° – 30° celcius. Caranya dengan membuat kandang membujur kearah timur – barat.

Ruang yang cukup untuk pergerakan bebek, ini dikarenakan bebek mempunyai kebiasaan makan dan minum secara bergantian sehingga perlu ruang gerak yag cukup yaitu tidak terlalu sempit dan juga tidak terlalu besar.

Sirkulasi udara yang ada dikandang haruslah lancar, sehingga kandang tidak lembab atau bisa lebih kering, selain itu sinar matahari dan juga dari sirkulasi udara yang lancar.

Kandang harus memiliki penerangan yang cukup. Hal ini diperlukan agar bebek tidak ketakutan dan strees.

Kandang harus sudah dibersihkan sebelum bebek-bebek ternak masuk. Pembersihan kandang sendiri dapat dilakukan dengan cara penyemprotan desinfrktan, pengapuran, dan lain-lainnya agar bebek yang diternak dapat terhindar dari serangan penyakit.

Kandang yang dibuat harus tinggi, sekitar 2-3 m agar peternak yang bekerja mengurusi bebek bisa berdiri dengan leluasa. Selain itu dapat memperlancar sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke kandang.

Demikianlah ulasan dari cara membuat kandang yang baik bagi si bebek ternak kesayangan anda semua. Semoga bermanfaat